Pengertian, Sejarah, dan Jenis Game Esport, Pemula Wajib Tau!

Esports adalah

Esports adalah salah satu industri yang sekarang ini banyak dilirik oleh kawula muda dalam meniti dan memulai karir. Alasannya, dunia esport sudah sangat berkembang pesat dan tidak sedikit melahirkan para atlet yang sukses dan berprestasi.

Mereka bisa menjadi role model bagi para generasi muda. Lalu Seperti apa itu esport serta sejarahnya? Anda bisa lebih mengenalnya lebih lanjut pada ulasan kali ini.

Esport adalah : Pengertian dan Konsepnya

Esport adalah Pengertian dan Konsepnya

Apa yang dimaksud esports? Ini merupakan singkatan dari electronic sport yang merupakan jenis olahraga memakai peralatan elektronik mulai dari Handphone, komputer, maupun console seperti PlayStation atau Nintendo. Hal yang perlu diketahui yaitu esport merupakan istilah yang populer sekarang ini.

Sebutan lainnya sendiri yaitu egames. Esport sendiri juga menggambarkan dunia permainan video yang terorganisir dan kompetitif. Di sini, ada tim yang saling berhadapan dalam game yang sama untuk berkompetisi dan memenangkan permainan serta memperoleh juara pertama.

Ada sejumlah game yang cukup populer di dunia esport contohnya mobile Legends, PUBG, atau free Fire. Esport sudah menjadi industri yang sifatnya profesional dimana para gamers akan menjadikan bermain game menjadi pekerjaan atau profesi yang menghasilkan uang.

Bahkan, ada pelatihan khususnya di sini yang bertujuan untuk memenangkan setiap kompetisi yang diadakan. Di Indonesia, esport juga sudah diakui keberadaannya sebagai pengurus prestasi di bawah koni serta di bawah naungan PB ESI atau Pengurus besar Esports Indonesia.

Dengan demikian, esport bisa dipertandingkan di kompetisi-kompetisi resmi tingkat nasional seperti pekan olahraga Nasional (PON).

Sejarah Esport

Sejarah Esport

Sejarah esport sendiri dimulai pada tahun 1972. Saat itu, ada 5 mahasiswa Stanford University yang berkompetisi pada event Intergalactic Spacewar Olympics. Game yang dimainkan yaitu Space war.

Beberapa tahun berselang yaitu tahun 1980, ada lebih dari 10.000 peserta ikut serta dalam Space Invaders Championship. Kemudian di tahun 1972-1989 adalah tahun esport dimulai.

Di tahun 1990 Nintendo world championship diadakan di 29 kota negara Amerika serikat. Sepanjang tahun 1990-1999 menjadi masa populernya game esport dengan genre first person shooter.

Selanjutnya di tahun 2000-an, sejumlah negara seperti Korsel, Perancis, Jerman, Inggris dan Amerika serikat menanyakan esport di stasiun televisi. Sepanjang tahun 2000 hingga 2010 merupakan masa-masa emas popularitas esport tumbuh.

Lalu tahun 2011, muncul lah platform streaming online yaitu twitch yang memiliki pengunjung sekitar 20 juta setiap bulannya. Lalu di tahun 2019 the Dota internasional menjadi Event dengan hadiah terbesar sepanjang sejarah yaitu 33.3330.069 USD.

Sampai sekarang, esport masih terus tumbuh dan diminati oleh para pemain di berbagai belahan dunia. Ada banyak kompetisi lokal sampai internasional yang secara rutin diadakan pada periode tertentu.

Jenis-Jenis Esport

Dari mulai pertama kali berdiri sampai sekarang, ada banyak jenis esport yang sudah diciptakan. Jenis-jenis esport tersebut bervariasi dan dibedakan dari jumlah pemain, jenis game, serta bagaimana untuk menentukan pemenang masing-masingnya.

Apa saja Esport Indonesia ? Untuk penjelasan lebih lengkapnya berikut bisa Anda simak:

1. MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)

MOBA

Moba merupakan salah satu jenis game yang sekarang ini sangat diminati dan punya komunitas terbesar. Di dalamnya, ada dua tim dengan karakter berbeda-beda bersaing secara head to head. Tujuannya sendiri yaitu untuk menghancurkan turet atau benteng dari tim lawan.

Ajang turnamen moba juga banyak diselenggarakan di tanah air, mulai dari segala yang kecil sampai besar. Mungkin Anda juga termasuk salah satu orang yang memainkan jenis game ini? Ada beberapa contoh permainannya yang bagus antara lain Mobile Legends, Arena Of Valor, Dota 2, League Of Legend, dan sebagainya.

2. FPS (First Person Shooter)

FPS

Di dunia esports, FPS Esports adalah game yang biasanya menyajikan animasi tiga dimensi dan bersifat first person perspektif. Maksudnya yaitu menampilkan sudut pandang depan dari karakter yang Anda mainkan.

Pada jenis permainan ini, Anda akan merasakan ketegangan, kepanikan, juga keseruan seperti halnya yang dirasakan oleh karakter yang dimainkan di game ini. Ada beberapa contoh game FPS mulai dari point blank, counter strike, Call of duty dan sebagainya.

3. Battle Royale

Battle Royale

Battle royale merupakan jenis esport yang memadukan antara ketegangan FPS dengan lingkup area pertandingan luas. Berbeda halnya dengan moba yang hanya melibatkan 5 pemain tim dan 5 pemain lawan. Pada jenis game battle royale ini, kamu bisa melawan hingga 100 orang.

Pemenang permainan ini ditentukan dari siapa yang paling terakhir bertahan hidup. Akan tetapi, untuk sistem turnamen, poin kill juga turut diperhitungkan. Ada beberapa jenis game battle royale populer di esport misalnya Free Fire, Pubg, atau Apex Legends.

4. Racing and Sports

Racing and Sports

Racing and sports pada Esports adalah jenis game kompetisi elektronik dengan tema olahraga konvensional. Contohnya seperti balap motor, sepak bola, atau voli. Formatnya sendiri mulai dari 1 vs 1,2 vs 2, atau 3 vs 3. Ada beberapa contoh gamenya yang populer yaitu Pro Evolution Soccer, Fifa, MotoGP, dan lain-lain.

5. Auto Battler

Auto Battler

Auto battler dalam esport merupakan jenis game casual yang pada prinsipnya cukup tergantung dari gacha atau keberuntungan. Meskipun begitu, ada juga faktor strategi yang membuatnya menjadi layak dianggap sebagai kompetisi skill.

Para pemain harus tetap mempunyai kemampuan berpikir dalam menentukan bidak terbaik. Karena, di setiap bidaknya akan memiliki kemampuan tertentu dan dapat membentuk sinergi yang memberikan kekuatan unik. Contohnya seperti Magic Chess, Chess Rush, dan lain-lain.

8. Collectible Card Games (CCG)

Collectible Card Games (CCG)

Collectible Card Games (CCG) di dalam esport merupakan jenis permainan yang menuntut kemampuan membaca strategi lawan dan berpikir kritis. Para pemainnya harus mempunyai tumpukan kartu atau dek yang mempunyai bidak unik serta punya kemampuan spesial.

Setiap ronde yang sukses dimenangkan akan memberikan damage untuk lawan hingga kekuatan sampai pada batasnya. Ada beberapa contoh card games di dalam dunia esports antara lain Legends of Runeterra, dan Gwent: The Witcher Card Games, dan Magic: The Gathering Arena.

9. Real Time Strategy (RTS)

Real Time Strategy (RTS)

Real Time Strategy (RTS) merupakan salah satu jenis esport yang paling lama ada. Di dalam jenis game ini Anda harus membuat struktur kekuatan dalam mempertahankan koloni serta menginvasi kekuatan lain.

Agar bisa memenangkannya, perlu mempersiapkan strategi serta jeli karena banyak unit yang dapat dipakai. Ada beberapa contoh game export ini antara lain Start Craft, Warcraft, dan juga Command and Conqueror.

10. Fighting Games

Fighting Games

Fighting games di Esports adalah salah satu jenis game yang mengharuskan pemain saling adu di kompetisi untuk menentukan siapa juaranya. Dalam jenis game ini, para pemain harus memahami mekanik setiap karakter pilihannya serta kombinasi serangan apa yang cocok.

Ada beberapa contoh fighting games pada esport mulai dari mortal kombat, Tekken, Marvel vs capcom, atau Super Smash Bros. Mungkin dari Anda juga pernah memainkan salah satunya?

Esports adalah ekoststem yang sekarang diminati berbagai generasi. Oleh karena itu, tidak salah juga untuk Anda mulai berpartisipasi dengan bermain game yang tentu bisa menghilangkan stress, atau bahkan menghasilkan uang.